Just another free Blogger theme

Flag Counter

Flag Counter

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Follow by Email

Google Translator

Followers

About Me

My photo
it is just me from ordinary girl try to be an extra, do my best, try to be a better each second of this short life, try to be someone, means for something in this globe!

Monday, March 11, 2013

Akhirnya tantangan temanku untuk buat Lumpia terwujudkan juga, setelah sedari jumat malam saya sudah pontang-panting cari bahan dan Lumpia skin namun baru tadi pagi saya sempat membuatnya.

Oh ya untuk resep sih saya coba googling dan juga nyontek dari youtube  dari link ini
tapi saya menambahkan untuk isian sayurnya karena pengen aja komplit kan modifikasi bisa kan!!dan saya juga mengurangi resepnya dari 25 buah jadi porsi untuk 10 saja jadi resep yang di link tadi sisa setengah. 

Nah biar saya juga ingat akan saya tuliskan lagi disini, sebenarnya isiannya tergantung dari bahan yang ada, kata chef yang sebenarnya *kalo aku kan Chef Wanna Be!!

Lumpia Goreng 


Bahan Utama Lumpia Goreng diambil dari link ini :
20 lembar kulit lumpia;
250 gram rebung yang sudah direbus dan dipotong korek api saya ganti, wortel, taoge & buncis
15  gram ebi yang sudah direndam air panas dan dihaluskan
100 gram ayam cincang
125 ml kaldu ayam
5 sendok makan minyak untuk menumis
2 sendok makan tepung sagu yang dilarutkan dengan 1 sendok makan air
2 sendok makan kecap manis  dan
500 ml minyak goreng.

Bahan bumbu yang dihaluskan:
5 butir bawang merah;
3 siung bawang putih;
½ sendok teh lada butiran; dan
1 sendok teh garam.

Bahan Pelengkap:
3 lembar daun selada;
2 pucuk daun petercelli; dan
Saus sambal.

Bahan Lumpia versi Dapur SitiDj :-D, sederhana amat yaa!
  Cara membuat

Masukkan lada butiran, lalu haluskan. Kemudian masukkan garam, haluskan hingga tercampur rata, bawang merah dan bawang putih. Haluskan hingga semua bahan tercampur rata. Apabila semua bahan sudah halus, sisihkan pada wadah kecil.

Masukkan 5 sendok makan minyak pada wajan yang sudah panaskan. Lalu masukkan bumbu yang sudah di haluskan, tumis hingga harum selama 1 menit dengan api sedang. Jika sudah harum, masukan ayam cincang, aduk hingga ayam berubah warna sambil di tekan-tekan agar ayam tidak menggumpal. Apabila ayam sudah berubah warna, masukkan ebi, lalu aduk sebentar hingga tercampur rata. Jika sudah tercampur rata, masukkan rebung, masak hingga rebung layu selama 5 menit dengan api sedang, setelah 5 menit rebung sudah layu, tambahkan air kaldu ayam, kecap manis, aduk rata sebentar, lalu kecilkan api. Kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk hingga mengental dan mengering. Jika sudah mengering, matikan api kemudian sisihkan pada wadah.
Mencampur bahan isi Lumpia

Tuang 500 ml minyak pada wajan yang sudah dipanaskan, biarkan minyak hingga panas, masukkan spatula. Apabila sudah berbuih menandakan minyak sudah panas, lalu masukkan lumpia satu persatu, kemudian goreng hingga berwarna kecoklatan dan kering dengan api sedang. Balik lumpia satu persatu agar matang merata. Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat lumpia satu persatu dengan menggunakan saringan, lalu tiriskan minyaknya dan siapkan piring saji
Siap di masukkan dalam Kulit Lumpia!!


Mulai mengisi !!



                                   Membungkus !


Siap digoreng deh, 10 buah saja !!
Siapkan kulit lumpia, lalu masukkan 1 sendok makan tumisan rebung, kemudian bungkus membentuk amplok satu persatu, lalu sisihkan pada wadah
                
Potong daun selada * maaf dirumah aku tak punya jadi tak ada di piring saya lol,
menjadi 3 bagian dan tata diatas piring saji, kemudian tata lumpia diatasnya, lalu hiasi dengan daun petercelli * ini juga lupa beli ! dan lengkapi dengan saus sambal. Lumpia goreng baik disajikan selagi hangat
Akhirnya jadi deh!!Nyam-nyam!!

Ini dia foto summary nya deh !!!!
Proses dari bahan sampai jadi!!






Menurut saya,. hasilnya lumayan cuma hanya enak saat hangat dan nampaknya harus lebih kecil, kulit lumpia yang saya beli terlalu besar dampaknya kebesaran untuk ukuran saya dan mungkin akan lebih baik kalau lebih imut, bahan isian bisa di ganti kok, ebi, udang atau sesuai selera....

Sumber resep dari Youtube sbb :
Resep Lumpia part 1
Resep Lumpia part 2
Resep lumpia part 3
Resep lumpia part 4
Resep lumpia part 5
Resep lumpia part 6

Semoga postingan ini akan jadi catatan abadi saya untuk memodifikasi di percobaan Lumpia berikutnya!!

Besok kan libur mau ber-nyepi dirumah dan beres-beres rumah lah, dan packing karena lusa mau ke Yogya...........Yippiee.....Horeee, so minggu depannya baru mau coba buat "Panada"
okay so Happy Holiday to all!!!!


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

2 comments:

pursuingmydreams.com said...

Sepertinya mudah yaa buat bikin lumpia .. cuma bingung cari kulitnya dimana nih :D. Ku saimpan dulu ah resep mbak Siti ;).

sitidj.blogspot.com said...

wah resepnya itu asal comot dari google sama youtube mbak, barusan coba-coba biasanya pertama kali itu jauh dari sempurna perlu pengalaman dan percobaan berulang. Iya kalo di LN biasanya susah ya cari kulit lumpia.