Just another free Blogger theme

Flag Counter

Flag Counter
Powered By Blogger

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Google Translator

Followers

About Me

My photo
it is just me from ordinary girl try to be an extra, do my best, try to be a better each second of this short life, try to be someone, means for something in this globe!

Wednesday, January 16, 2013

Alhamdulilah akhirnya darahku hari ini diterima juga oleh PMI ( Palang Merah Indonesia ) setelah berkali-kali ku berniat baik selalu di test ambil darah untuk donatur tiga bulanan yang selalu diadakan di kantor kami.

Karena ada di singgung soal PMI nah saya mau cerita flashback  Gordon tentang PMR saya, semoga tidak menyimpang dari judulku kali ini.

Saya ingat dulu sebenarnya saya ini anak aktivis PMR ( Palang Merah Remaja ) yang mungkin gagal ya, bukan apa apa,  biarpun  dulu waktu SMU rajin sekali ikut latihan tuh saya ilmu tentang PMR nya tidak pernah dapat, kenapa ?!! karena berat badan saya ringan alias kurus ekh langsing donk, jadinya saya selalu dijadikan apa coba tebak?? PASIEN!!

uhhh tahu ndak? deritanya tuh aku tidak dapat ilmu apapun karena harus ditandu sepanjang aktifitas, diperban dipakaikan lakban layaknya korban kecelakaan dan lainnya. Ihhh bahkan suka di taro di tempat kotor baru pura-pura terbaring lemah dan rame -ramelah aku diangkut sama tim ku ke tandu dan dibawa -bawa.

Alhasil tak ada ilmu yang nyantol di otak, nah jadi soal PMI-an wah otakku nol lah !!

Kembali ke kisah donor perdanaku, dulu sering antar teman ke PMI waktu tugas di Manado dulu, saya pun ikutan daftar tapi karena berat badanku dibawah 50 kg *bangga donk punya badan langsing !! . Makanya aku belum layak jadi pen-donor.

Ketika saya mutasi ke Makassar tahun 2011 lalu, di kantor kami tiap tiga bulan ada kegiatan donor darah. Saya tuh kan type paling aktif dalam segala hal, apalagi mengingat jiwa sosial saya juga tinggi !!Jadi saya selalu daftar, kalo tidak salah sudah lebih lima kali ya saya coba.

Mereka akan daftarin namaku, periksa tekanan darah, terus tusuk jari tangan kiri atau kanan *ihhh ngeri juga dan sakit dikit.

Hanya untuk memastikan darahku layak komsumsi untuk orang lain he he!! ehhh jawaban bapak berbaju putih putih ( dokter ) bilang:

"Maaf mbak, hemoglobin nya rendah  tuh lihat darah yang di teteskan di gelas bercampur larutan bening itu mengapung, jadi belum bisa"!! # sebel juga padahal sudah ditusuk-tusuk tuh!!

atau jawaban lainnya "Maaf mbak, tekanan darahnya rendah sekali, belum bisa"!! #kecewa lagi !!

Atau pas ditanya jam tidur semalam jam berapa, dengan sigap kujawab " he he jam 12 an !!l" si Petugas balas jawab " Bangunnya tadi pagi jam berapa?" . Sambil nyengir saya jawab jam 5 donk !!
dan di balas lagi "Maaf mbak, mbaknya kurang tidur, kurang fit untuk diambik darahnya !!" Kecewa pangkat dua deh!!

Hari ini iseng saja ada pengumuman cia email dan pengeras suara kantor untuk donor, saya sih kurang yakin tadinnya cuma langsung aja ke atas untuk lihat siapa siapa sih korban yang berhasil diambil darahnya sekalian makan coto yang disediakan panitia untuk yang melakukan donor.

Seusai makan dulu, ( rakus ya he he ) langsung aku iseng isi form dan antri diperiksa, ihhh habis kena tusuk jarum.Kaget dengar Mas berbaju biru bilang silahkan ke tempat tidur yang disedikan !! huhuuuuu bisa ternyata !! Panik juga akhirnya darahku lolos seleksi dan bisa membantu umat manusia lain yang butuh darah.

Setelah merebahkan diri dan pasrah pas mau di tusuk di nadi tangan kiri ekhh tau tidak ternyata urat nya kekecilan tidak muncul walau sudah di kepal. Maklum donor perdana!! Ngeri juga akhirnya kuserahkan tangan kananku dan beberapa saat kemudian uhhhh tanganku di tusuk jarum deh dan Eng Ing Eng!!

Darah segar mengalir ke kantong !! dan beberapa kemudian cukup deh 1 kantong isinya 500 ml. Dan sembari terbaring lemah saya nanya ke petugas PMI nya, ternyata kebutuhan darah tiap hari 100 kantong untuk wilayah Makasar dan itu sangat tidak cukup, hari ini saja sebagai donor penutup hari ini saya adalah donor ke-50 loh!! padahal kan butuhnya 100 kantong.

Bisa dibayangkan begitu banyak orang yang butuh darah di rumah sakirt apalagi kalau musim hujan katanya, mengapa demikian ? ini jawaban ringkas petugas PMI

1. Banyak penyakit jadi pendonor yang sakit dilarang memberi donor
2. Banyak bencana korban pun banyak sehingga kebutuhan meningkat.
3. Kegiatan donor berkurang karena cuaca buruk alhasil persediaan darah berkurang.

Dan menurut info dari PMI tadi, mendonorkan darah sangat baik untuk kesehatan, selain amal / sosial, tubuh kita otomatis juga menjadi sehat karena tiap tiga bulan terjadi pergantian sel darah yang baru. Ibarat cairan dalam tubuh kita jika sering terganti akan lebih baik.Sama dengan spare part kendaraan kalau sering diganti dalam periode tertentu ya akan awet dan stabil demikian juga dengan darah dalam tubuh kita .
Akhirnya saya resmi dapat kartu donor, setiap mendonor sisa di stempel wahh senang deh bisa koleksi banyak stempelan PMI, serasa mengkoleksi stamp dari supermarket untuk dapat hadiah tertentu.*Ihh dassar pemburu hadiah 


Masih juga banci foto ya!!
Categories: , ,


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Pellentesque volutpat volutpat nibh nec posuere. Donec auctor arcut pretium consequat. Contact me 123@abc.com

0 comments: